Apa makna cambang dan jenggot bagi Anda? Beberapa pria mungkin merasa tampan dan gagah dengan facial hair menghiasi dagu dan pipi. Namun, sebagian besar pria lebih memilih muka yang klimis sehingga bercukur secara rutin. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara bercukur yang dianjurkan. Oleh karena itu, artikel ini mungkin bisa Anda jadikan contekan saat sesi bercukur berikutnya.

  1. Bercukurlah setelah mandi air panasAir panas akan melembabkan kulit serta membuka pori-pori sehingga  bercukur akan menjadi lebih mudah.
  2. Cucilah muka terlebih dahulu. dengan sabun yang lembut. Hindari menggunakan sabun batangan untuk tubuh karena justru membuat kulit muka kering.
  3. Diamkan shaving cream selama dua sampai tiga menitLangkah ini penting untuk melunakkan rambut sehingga dapat tercukur dengan sekali tarikan.
  4. Bercukurlah searah dengan arah tumbuhnya rambut. Mencukur berlawanan arah mungkin lebih cepat, namun meningkatkan risiko rambut tumbuh ke dalam (ingrown hair) yang kemudian menyebabkan iritasi. Bila facial hair cenderung susah dicukur, panjangkan beberapa milimeter lagi.
  5. Bilas dengan air dinginAir dingin menutup pori-pori kulit dengan cepat dan mengurangi peradangan.
Oh ya, tidak ada salahnya menunda bercukur satu hari dan membiarkan dagu Anda dihiasi janggut yang baru tumbuh (stubble). Menurut ahli psikologi dari Northumbria University, Inggris, wanita cenderung memilih pria dengan stubble dibandingkan dengan pria berpenampilan klimis atau berjanggut lebat. Para peneliti menduga, pria dengan stubble bisa tetap kelihatan gagah namun tidak terlihat berantakan.

(source: l-men.com)
(source image: google.com)

Comments (0)