Tidak seorangpun suka jika ada orang yang membicarakan hal-hal negatif mengenai dirinya. Tapi inilah kenyataan dunia yang kita hadapi. Dimanapun kita berada akan selalu menghadapi kemungkinan-kemungkinan itu. Akan ada orang yang tidak puas dengan kebijakan yang kita buat di tempat kerja (kantor). Akan ada beberapa teman yang iri dengan keberhasilan kita, lalu mencari keburukan-keburukan kita dibelakang. Bahkan, tidak menutup kemungkinan saudara atau anggora keluarga kita sendiri melakukannya.

Ingatlah, hal tersebut merupakan jebakan untuk menjatuhkan kita. Mereka yang melakukannya ingin menciptakan situasi kepahitan dan emosional. Memang tidak mudah, karena kita akan terpancing emosi, bereaksi, dan akhirnya berdosa.

Sangatlah penting menjaga diri kita, mengendalikan diri ketika berhadapan dengan orang-orang tersebut, orang-orang yang hendak menjatuhkan kita. Orang yang kita hadapi bisa saja rival, musuh, atau teman yang secara diam-diam bergunjing mengenai kita. Bisa jadi dia adalah atasan anda, yang tentu saja tidak menyenangkan.

Kita jangan terpancing untuk melakukan hal yang sama. Tidak membicarakan orang dibelakangnya atau bergunjing. Tidak membalas orang-orang yang berkata negatif tentang kita. Dan tentu saja tidak berekasi dengan emosi ketika mengalaminya.

Apa yang sebaiknya kita lakukan? Doakan mereka yang menggunjing kita. Tentunya doa dalam arti kata positif. Dengan demikian setidaknya perasaan kita akan menjadi tenang. Selain itu, bersabar dan bersabar, selagi ini selalu dapat dilakukan. Karena percayalah, di dunia ini kita diciptakan sangat beragam, dengan beragam karakter. Berfikirlah bahwa orang lain mungkin butuh waktu untuk memahami kita, dan begitu juga kita sebaliknya.

Terakhir, bahwa kita orang beragama, punya Tuhan tempat mengadu. Alhamdulillah saya seorang muslim, dan yang terpenting apa yang saya lakukan mendapat ridho dari Allah swt, saya tidak peduli dengan omongan orang.

(source image: google.com)

Comments (0)