Detektif Kindaichi (金田一少年の事件簿 — Kindaichi Shōnen no Jikenbo) adalah manga dan anime detektif karya Yozaburo Kanari, Seimaru Amagi, dan Fumiya Sato. Manga ini terbit di Weekly Shōnen Magazine mulai tahun 1984 hingga tahun 2000. Manga yang cukup populer ini pun memiliki versi novel yang lebih ditujukan untuk pembaca dewasa dengan kasus yang lebih berat. Seri pertama manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tahun 1999.

Setelah seri Case (Caseシリーズ Kēsu Shirīzu di Indonesia diadaptasi menjadi serial Kindaichi Case) edisi Jepang tamat pada tahun 2000, tidak ada lagi kisah baru Kindaichi hingga tahun 2004, saat Pembunuhan Legenda Vampir (吸血鬼伝説殺人事件 Vanpaia Densetsu Satsujin Jiken) diterbitkan. Para penulisnya mengatakan bahwa seri Kindaichi akan tetap berlanjut, tetapi tidak diterbitkan secara berkala. Hingga April 2007, sudah ada 4 kasus baru dalam seri lanjutan tersebut.

Di Jepang, ada pula versi layar lebar, dorama (sinetron Jepang), kisah petualangan Kindaichi dalam bentuk novel ringan, serta permainan video untuk PlayStation dan Nintendo DS.

(source image: googreads.com)
(source article: wikipedia.co.id) 

Comments (0)